SOP PELAYANAN KENAIKAN PANGKAT

Persyaratan

  1. Copy SK CPNS
  2. Copy SK PNS (untuk pangkat pertama)
  3. SK Pangkat Terakhir
  4. SKP 2 tahun terakhir
  5. Copy Karpeg
  6. Usul dari Unit Kerja
  7. Asli PAK (untuk jabatan fungsional tertentu)
  8. Copy SK Jabatan Terakhir & Pernyataan Pelantikan (bagi jabatan struktural)

Dasar Hukum

UU No. 5 Tahun 2014

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

DOWNLOAD

UU No. 32 Tahun 2004

Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah

DOWNLOAD

PP No 9 Th 2003 Jo. No 63 Th 2009

Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003 Jo. Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2009 Tentang wewenang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

DOWNLOAD

Surat Kepala BKN Nomor 13 Tahun 2003

Surat Kepala BKN Nomor 13 Tahun 2003 tanggal 21 April 2003 tentang petunjuk teknis pelaksanaaan PP No.9 Tahun 2003 Jo. PP No.63 Tahun 2009.

DOWNLOAD

Mengenai Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. 1. SKPD/Unit kerja mengajukan ususl kenaikan pangkat pegawainya beserta kelengkapan berkasnya.
  2. 2. Pengelola Kenaikan Pangkat menerima berkas permohonan,memeriksa/memverifikasi kelengkapan, berkas yang memenuhi syarat diproses disistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) dan dibuatkan nota usul kenaikan pangkat. dan Khusus kenaikan pangkat golongan IV/a dan IV/b berkas di verifikasi dan dibuatkan nota usul kenaikan pangkat oleh BKD provinsi.
  3. 3. Nota usul kenaikan pangkat yang telah ditandatangani oleh kepala BKD setelah diperiksa dan diberi faraf oleh Kasubid Kepangkatan, Kabid Kepangkatan dan Mutasi, Sekretaris Badan diantar olehp pengelola ke KANREG IV BKN untuk diverifikasi.
  4. 4. KANREG IV BKN memverifikasi berkas dan membuat nota persetujuan kenaikan pangkat (NPKP), apabila yang berkas pengusulan tidak memenuhi syarat dibuatkan berita acara yang disampaikan kepada BKD Kota Makassar.
  5. 5. Pengelola kenaikan pangkat menerima nota persetujuan kenaikan pangkat (NPKP) dari KANREG IV kemudian diproses menjadi SK kenaikan pangkat
  6. 6. Sekda Kota Makassar menandatangani SK kenaikan pangkat setelah SK tersebut diperiksa dan diberi paraf oleh Kasubid Kepangkatan, Kabid Kepangkatan dan Mutasi, Sekretaris Badan, Kepala BKD, dan Asisten Administrasi Kota Makassar.
  7. 7. Pengelola Kenaikan pangkat menerima SK kenaikan pangkat yang telah ditandatangan oleh Sekda Kota Makassar kemudian membuatkan Daftar TandaTerima SK Kenaikan Pangkat.
  8. 8. PNS yang bersangkutan menandatangani tanda terima sebagai bukti bahwa SK Kenaikan Pangkat telah diterima.

Style Settings