BKPSDMD Kota Makassar

Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah

Kementerian PANRB Beri Pembekalan untuk CPNS PKN-STAN 2019

Artikel / Berita / MenpanJanuari 16, 20200 Commentsbkpsdmd

AKARTA – Sebanyak 18 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Politeknik Keuangan Negara (PKN)-STAN mengikuti pembukaan Orientasi Wawasan Tugas (Orwastu) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini dimaksudkan untuk mengenalkan mereka dengan ilmu sesuai tugas, fungsi, serta budaya dan lingkungan kerja di Kementerian PANRB sebelum memulai tugas mereka di unit kerja.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum (SDMU) Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat membuka kegiatan Orwastu, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (06/01). “Orwastu ini adalah masa mempersiapkan teman-teman CPNS PKN-STAN. Setelah dirasa cukup paham dengan budaya kerja dan tupoksi Kementerian PANRB, kita serah terimakan ke unit kerja masing-masing,” ujarnya.

Pada masa Orwastu, para CPNS akan dibekali dengan pengetahuan dasar seputar Kementerian PANRB. Sejumlah pejabat juga dijadwalkan untuk memberikan pembekalan tentang proses bisnis di unit kerja masing-masing. Selain itu, materi seputar kesadaran bela negara dan nasionalisme juga akan disisipkan untuk memastikan generasi baru PNS Kementerian PANRB terbebas dari radikalisme.

20200106 Orwastu PKNSTAN 5

Usai Orwastu, CPNS PKN-STAN tidak akan dilepas begitu saja. Mereka akan terus diberi pendampingan serta dipantau baik dari segi kinerja maupun kedisiplinan. Mentoring diberikan kepada mereka, terutama dari alumni PKN-STAN yang kini bertugas di Kementerian PANRB. “Kasubbag hingga pejabat eselon 2 di unit kerja juga akan terus memberikan bimbingan serta evaluasi kinerja pada para CPNS,” jelas Sri.

Ilmu yang komprehensif serta pengalaman mengenai pemerintahan menjadi fokus kegiatan Orwastu. Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian PANRB untuk mencetak generasi ASN yang berintegritas dan profesional yang siap menghadapi tantangan global. Lewat Orwastu, CPNS Kementerian PANRB sebagai penerus bangsa dituntut untuk memahami tugas dan fungsinya masing-masing sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara serta menjadi penggerak reformasi birokrasi di Indonesia.

Peserta yang mengikuti Orwastu tahun ini terdiri dari 16 perempuan dan dua laki-laki. Para CPNS ini akan menempati jabatan sebagai adminstrasi keuangan, pengelola keuangan, dan pengelola akuntabilitas. Sri menuturkan tambahan personel ini diharapkan dapat mempercepat kinerja Kementerian PANRB terutama dari sisi pengelolaan keuangan. “Harapannya, karena ini pengelola keuangan dari lulusan STAN, tentu untuk memperbaiki sistem pengelolaan keuangan di Kementerian PANRB agar lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya. (rum/HUMAS MENPANRB)

Sumber : https://menpan.go.id/site/berita-terkini/kementerian-panrb-beri-pembekalan-untuk-cpns-pkn-stan-2019


Leave A Comment

Governance Public Relations
Arsip Posting
HISTATS
Style Settings