BKPSDMD Kota Makassar

Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah

RDP dengan Komisi II DPR RI, BKN Sampaikan Prediksi Pelamar CPNS 2019 Capai 4,5 Juta

Berita / BKNNovember 22, 20190 Commentsbkpsdmd

Makassar – Humas BKN, Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara BKN, KemenPANRB, dan KASN dengan Komisi II DPR RI periode 2019 – 2024, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menguraikan sejumlah rangkaian rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, mulai dari aspek infrastruktur sampai dengan rencana pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Per hari ini terhitung jumlah pelamar sudah mencapai 3 Juta, kami proyeksikan angka ini akan menembus 4,5 Juta pelamar. Dari pendaftaran online yang sudah berlangsung sejak 11 November, sejauh ini belum ada kendala berarti dari aspek infrastruktur, karena kami sudah antisipasi dengan memperbesar kapasitas sistem dibanding tahun lalu,” ungkapnya saat memaparkan Rencana Strategis (Renstra) BKN 2020 – 2024, termasuk laporan pelaksanaan CPNS 2019 yang tengah berjalan kepada Komisi II DPR RI, pada Senin, (18/11/2019) di Gedung Nusantara II DPR Jakarta.

Foto: MK

Sementara untuk titik lokasi pelaksanaan CPNS, Bima mengatakan akan ada 652 titik lokasi yang disiapkan yakni mencakup seluruh Kantor BKN yang tersebar, cost sharing dengan sejumlah instansi vertikal dan instansi pemerintah daerah. Agenda rekrutmen CPNS 2019 ini juga akan berlangsung sampai tahun 2020. “Pelaksanaan CPNS sampai akhir tahun ini hanya pada tahapan seleksi administrasi, termasuk masa sanggah atas hasil pengumuman seleksi administrasi yang dikeluarkan masing-masing instansi. Selanjutnya untuk pelaksanaan SKD dan SKB diagendakan berlangsung sampai April 2020 mendatang,” terangnya.

Dari aspek komposisi kebutuhan penerimaan CPNS 2019, MenPANRB Tjahjo Kumolo menjelaskan ada dua prioritas kebutuhan tahun ini, yakni tenaga pendidikan seperti guru dan dosen, serta tenaga kesehatan. “Saat ini pemerintah tengah melakukan penataan komposisi Pegawai Negeri Sipil (PNS), targetnya birokrasi kita seluruhnya diisi jabatan-jabatan spesifik atau ahli di bidangnya,” jelasnya.

Selain pelaksanaan CPNS 2019, sejumlah kebijakan terkini seperti rencana perampingan struktur di birokrasi sesuai arahan Presiden, dan soal langkah penanganan ASN yang diduga terlibat radikalisme menjadi bahan pembahasan RDP perdana dengan anggota Komisi II DPR Periode 2019 – 2024 tersebut. des/mia

Sumber : https://www.bkn.go.id/berita/rdp-dengan-komisi-ii-dpr-ri-bkn-sampaikan-prediksi-pelamar-cpns-2019-capai-45-juta


Leave A Comment

Governance Public Relations
Arsip Posting
HISTATS
Style Settings